JURNALIS

Marching Band

Sekolah sebagai institusi pendidikan, sesungguhnya tidak hanya berkewajiban mengembangkan  dan meningkatkan siswa/i  dalam hal-hal yang sifatnya akademis, tetapi juga berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal – hal yang sifatnya non-akademis. Pada tataran non-akademis inilah SMK/SMA YPT Teladan Medan memberikan wadah tempat bagi tumbuh kembangnya beragam bakat dan kreativitas.Hal itu bertujuan untuk menjadikan siswa/i tidak hanya sebagai manusia yang memiliki kebebasan berkreasi, tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa/i nya sekaligus mengisi waktu luan mereka, YPT Teladan Medan menawarkan sejumlah ekstrakurikuler yang sudah terkenal oleh instasi pendidikan luar, dan salah satunya yakni ekstrakurikuler MARCHING BAND. Ekstrakurikuler ini merupakan ekstrakurikuler baru dibentuk dengan nama satuan GSB ( Gita Swara Bahana ).

 

Senin (29/2) untuk pertama kalinya ekstrakurikuler Marching Band unjuk bakat mengiringi Paduan Suara dalam Upacara Bendera pagi ini. Suara alunan alat musik yang mereka main kan menambah suasana menjadi elegan alias mewah. Lagu yang mereka bawakan yaitu Indonesia Raya. Dengan rasa percaya diri yang kuat, anggota marching band berusaha keras untuk menampilkan  penampilan pertama terbaiknya dalam upacara bendera. Dengan ini, pelatih ekstrakurikuler marching band bernama Al ansyari lubis, Ichsan Rifaldi, dan Faisal telah sukses melatih anak didiknya selama kurang lebih 5 bulan.  Ketiga pelatih ini memang telah banyak memiliki pengalaman – pengalaman dalam bidang marching band dan bersedia untuk mewariskan bakat nya kepada anggota GSB.  Waktu latihan mereka adalah dua kali dalam seminggu, lain jika mereka hendak tampil diwaktu dekat, latihan mereka lakukan setiap hari tepatnya sepulang sekolah dimulai sekitar pukul 14.00 WIB sehabis makan siang hingga selesai di Lapangan Kampus YPT Teladan Medan yang memang cocok untuk dilakukan latihan Marching Band ini. Anggota ekskul 

 Marching Band saat ini kurang lebih berjumlah 50 orang.

Hal ini patut di acungin jempol khususnya oleh pihak sekolah. Kenapa? Karna mereka telah berhasil menunjukkan bakat yang nyaris sempurna walaupun dengan waktu latihan yang dikatakan sebentar. Guru kordinator ekstrakurikuler marching band  yakni Bpk. O.M Lubis  menyimbolkan rasa bangga dan kagumnya dengan tepukan tangan serta jabatan tangan kepada masing masing anggota sebagai wujud apresiasi. Tentunya tugas kordinator  yakni membina, dan mengevaluasi ekskul Marching Band tersebut telah buktikan kesuksesannya melalui penampilan pertama mereka.

 Marching Band ini memiliki beberapa bagian, yang diantaranya :

1. Hornline/ Tiup seperti Mellophone dan Terompet

2. Marching bells

3. Percution/ perkusi misalnya Snare , Tom Tom, Bass, dan Cymbale,  

 

 Jadi kegiatan ekstrakurikuler ini memang harus diacungin jempol dan terus digalakkan serta mendapat dukungan yang penuh karna kegiatan semacam ini sangat bermanfaat dalam perkembangan remaja generasi muda, pendidikan, dan bangsa.

 

PADUAN SUARA

Sekolah sebagai institusi pendidikan, sesungguhnya tidak hanya berkewajiban mengembangkan  dan meningkatkan siswa dalam hal-hal yang sifatnya akademis, tetapi juga berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal – hal yang sifatnya non-akademis. Pada tataran non-akademis inilah, YPT Teladan Medan memberikan tempat bagi tumbuh beragam bakat dan kreativitas. Hal itu bertujuan untuk menjadikan siswa/i tidak hanya sebagai manusia yang memiliki kebebasan berkreasi, tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik. SMK Yayasan Pendidikan Teknologi Teladan Medan , sebagai lembaga pendidikan, menyadari pentingnya hal tersebut. Salah satu aktualisasinya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) dengan tujuan pengembang bakat, minat, serta kreativitas yang dimiliki siswa/siswi di Yayasan Pendidikan Teknologi Teladan Medan ini. Pada kegiatan ekskul inilah siswa diarahkan untuk dapat memahami dan mengembangkan bakat serta kemampuannya sehingga dapat menciptakan individu yang berkarakter dan mampu mengembangkan diri sesuai minatannya.

 Salah satu kelebihan Yayasan Pendidikan Teknologi Teladan Medan ini adalah jumlah kegiatan ekskulnya yang cukup banyak. Selain sebagai penunjang kurikulum, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa/siswinya, sekaligus untuk mengisi waktu luang mereka. Kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan itu contohnya adalah Paduan Suara yang ditujukan langsung bagi siswa/Ii YPT Teladan Medan untuk menyalurkan bakatnya dibidang tarik suara. 

 

 

MODERN DANCE

Di zaman yang modern sekarang ini, sudah banyak sekali kegiatan yang dihasilkan dari budaya seni dan itu semua berjalan seiring dengan maju nya perkembangan suatu negara. Salah satunya adalah Modern Dance yang sudah sangat lumayan tenar di negara kita ini. Modern Dance sekarang ini menjadi kegiatan yang sangat dikenal dikalangan anak muda zaman sekarang . Dengan membuat grup masing masing , para anak muda melakukan aksinya dimana pun mereka berada, tapi tentu saja harus dengan latihan yang cukup. Di  Yayasan Pendidikan Teladan kita juga membuat kreasi Modern Dance yang dimana para peserta nya adalah siswa/i SMK Teladan . Dan setiap Tahunnya kita juga mengadakan lomba Modern Dance bagi kalangan siswa/i SMK Teladan yang dimana dengan membuat lomba ini maka ,akan semakin memacu siswa/i untuk lebih giat lagi didalam belajar mengajar dalam seni. 

BAND

Dewasa ini , seni dapat dilihat dalam intisari ekspresi dari setiap kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang di ciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.  Seni  juga merupakan salah satu proses yang tak bisa lepas kaitannya dengan kehidupan manusia dari dahulu hingga saat ini. Keterkaitan seni dalam kehidupan tak pernah lepas pasalnya melalui seni manusia bisa berekspresi i dan bebas untuk berkreasi.

Dalam dunia pendidikan tak urung seni menjadi modal utama dalam perkembangan kreatifitas peserta didik di samping unsur akademiknya. Dengan seni para siswa di harapkan lebih mampu dalam beraksi dan berkreasi. Selain kecakapan dalam bidang akademik, seni juga menjadi salah satu unsur penunjang perkembangan siswa .

Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai seni tersebut, Yayasan Pendidikan Teknologi Teladan Medan tidak hanya mengharapkan anak didiknya pandai di dalam akademik saja, kemampuan untuk lebih aktif, kreatif dan ekspresif juga turut menjadi point penting dalam rana pendidikan. Tak ingin siswanya hanya pandai dalam akademik, YPT Teladan Medann sediakan wadah dengan sangat terbuka kepada siswa/I nya untuk terus berkreasi hingga menghasilkan bibit-bibit yang unggul.

Salah satu wadah yang siap di inventariskan oleh YPT Teladan Medan sendiri yakni  dengan membentuk Ekstrakurikuler Band.  Kegiatan  yang di bentuk sejak tahun 2000-an ini mendapat antusiasme yang luar biasa dari peserta didik tanpa terkecuali. . Tampaknya YPT Teladan sangat mengerti akan bakat dan minat para peserta didiknya, pasalnya sejak kegiatan tersebut di gelar, Ekstrakurikuler yang banyak di gandrungi setiap kalangan ini tak henti-hentinya di banjiri minat para siswa yang terus ingin terjun dalam dunia seni. 

Dengan jumlah siswa yang aktif saat ini ±50 orang dari setiap kalangan baik SMK/SMA YPT Teladan berhasil menorehkan prestasi dalam dunia seni baik tingkat pelajar maupun kota. Pasalnya kegiatan yang di koodinatori oleh Bpk Mardian Khadafi yang juga selaku guru kesenian di YPT Teladan Medan ini tak segan-segan untuk terus memberi arahan serta koordinasi dan latihan yang cukup untuk para peserta didiknya.

Dengan waktu latihan 2x dalam 1 pekannya, dengan bentuk latihan yang beragam seperti latihan instrumen, vocal, serta melatih mental dan fisik siswa/i nya agar berkecakapan untuk  tampil di depan publik . Dengan demikian besar harapan Pihak YPT Teladan Medan agar siswa/i nya dapat bersaing dalam kancah dunia pendidikan tidak hanya dalam bidang akademik juga cakap dalam bidang non akademiknya. Tidak hanya cerdas tapi juga tangkas.

 

 

 

 

 

 

 

Suasana Latihan Band di SekolahDi tambah lagi inventaris sekolah yang dengan siap sedia mendukung kebutuhan siswa/i nya agar selalu dapat berkembang. Alhasil latihan demi latihan yang terus di lakukan oleh para peserta didik dalam bakatnya bermain musik ini tidak serta merta di abaikan begitu saja, sederetan prestasi juga kerap di raut oleh ekstrakulikuler yang satu ini diantaranya:

  • Juara 1 lomba festival yang bertempat di salah satu universitas di Medan
  • Juara 2 dalam ajang PRSU Kota Medan dalam kategori band tingkat pelajar
  • Dan sering juga bergabung dalm ajang festival seni musik tingkat Kota Medan

 

“Seni tidak hanya untuk di nilai, tapi juga di rasakan.” tutur  Bpk Mardian Khadafi dalam wawancaranya.

 

Artikel Selanjutnya...

UK betting sites, view full information www.gbetting.co.uk bookamkers